Tugas: Desain Tampilan Aplikasi Pada Vending Machine Digital

by - Desember 01, 2018

Nama: Raditya Wicaksono Adjie
NPM: 17560072






Pendahuluan
Di zaman modern ini segala sesuatu telah berkembang dengan pesat. Mulai dari teknologi sampai gaya hidup masyarakat. Pada zaman dahulu ketika kita ingin membeli minuman di wilayah stasiun, terminal, atau bandara minimal kita harus membeli minuman tersebut dari pedagang yang berjulan di luar area penyedia jasa transportasi umum, karena pedagang tidak boleh menjajakan dagangannya di ruang tunggu keberangkatan. 

Seiring perkembangan zaman, maka di dalam area tunggu transportasi umum disediakan kios-kios yang berjualan minuman, makanan maupun camilan. Tapi hal tersebut tetap tidak memuaskan msyarakat yang pada akhirnya ditemukanlah mesin penjual minuman atau lebih kita kenal dengan nama Vending Machine.


Latar Belakang
Dunia vending machine pun berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama yang mempunyai mobilisasi tinggi tentu vending machine harus menggunakan teknologi terkini agar dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Ditambah tampilan antarmuka saat berinteraksi dengan vending machine harus mudah digunakan oleh semua umur.


Pembahasan
Kali ini saya akan membuat rancangan User Interface untuk vending machine digital yang sudah dilengkapi dengan touchscreen dan electronic payment. Berikut gambar rancangan User Interface vending machine digital saya:






Dan berikut susunan algoritma yang saya pakai dalam merancang User Interface pada vending machine digital.





Analisis Desain Tampilan Aplikasi Pada Vending Machine Digital dengan Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer

A.Faktor Psikologi
Di dalam desain mesin aplikasi kita dimudahkan dalam suatu pembelian produk minuman dimana suatu  konsumen hanya memasukan suatu koin lalu jenis minuman yang kita inginkan akan keluar pada mesin minuman tersebut. Desain tampilan mesin minuman ini memberikan dampak psikologis yang baik, karena mesin tersebut sangat mudah di gunakan.


B.Faktor Ergonomis
Meliputi bagaimana tampilan interface pada penempatan menu-menu di mesin minuman otomatis tersebut. Penempatan menu - menu pada halaman utama tersebut adalah berisi tentang jenis – jenis minuman yang tersedia pada mesin minuman.  Dimana setiap pembelian satu minuman kita harus menempelkan electronic payment device yang sudah ditentukan oleh vendor. Penempatan tata letak sebuah objek pada tampilan interface tersebut saya rasa juga sudah cukup baik. Penggunana warna background pada menu tersebut menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok dan merupakan kombinasi yang baik untuk tampilan sederhana dan tidak akan menjenuhkan pengelihatan pada mata..

C.Faktor Kecerdasan Buatan
Perancang tampilan menu interface ini sudah memberikan konsep yang baik. Sesuai dengan tujuan untuk mempermudahkan konsumen dalam membeli suatu minuman. Semua menu yang terdapat di dalam mesin minuman ini sudah jelas, dimana kita harus menekan tombol sesuai nomor urutan minuman pada tampilan interface. Serta penempatan peletakan electronic payent device dan tempat pengambilan minuman juga sudah baik peletakannya.

D.Faktor Teknik Penulisan
Pada desain mesin apilikasi, interface yang ditampilkan ukuran penulisan (font size) sudah dibuat dengan baik dan benar tidak menggunakan ukuran penulisan yang terlalu kecil, tetapi tidak terlalu besar juga. Untuk pewarnaan pada penulisan juga tidak menggunakan warna-warna yang mencolok. Karena warna dapat meningkatkan interaksi hanya jika implementasinya mengikuti prinsip dasar dari penglihatan warna oleh manusia.

E.Faktor Rekaya Perangkat Lunak
Desain mesin apikasi ini juga membuat tampilan menu yang simpel, minimalis, dan jelas lansung tertuju kepada apa yang kita cari. Pada tampilan menu terdapat layar touchscreen yang memudahkan penggunanya dalam memilih minuman.

F. Faktor Multimedia

Pada tampilan interface yang terdapat di monitor ada beberapa animasi dan gambar serta screensaver yang digunakan adalah dimana pada tampilan desain terdapat tulisan ucapan terimakasih atas pembelian produk.



Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan dari tugas saya, saya ucapkan terim kasih.




-----------------
End.

You May Also Like

1 komentar